Mau Foto Produk Online Kamu Terlihat Menarik? Coba Ikuti Cara Ini

Mau Foto Produk Online Kamu Terlihat Menarik? Coba Ikuti Cara Ini

Sekarang ini sedang marak-maraknya penjualan online, ya mungkin karena lebih praktis dan tidak ribet. Sosial media yang tadinya untuk meluapkan perasaan atau cerita, sekarang sudah beralih menjadi tempat berjualan yang dapat menjanjikan konsumen potensial. Ya, lihat saja seperti instagram dan facebook. Kalian pasti sering melihat di halaman depannya banyak produk-produk yang dijual.

Nah dalam penjualan online, hal pertama yang sangat berpengaruh adalah gambar atau foto produk. Tetapi, mengunggah foto saja tidak cukup lho. Kamu harus mempertimbangkan kualitas foto produk yang diunggah. Pasalnya kualitas tampilan foto produk juga memberikan pengaruh yang besar pada para konsumen atau orang yang melihatnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengambil foto produk agar terlihat menarik pandangan konsumen. Yuk, langsung aja kita lihat sama-sama.

Trik Sukses Jualan Online

Bisnis online yang sekarang sedang marak memang sudah tidak diragukan lagi. Saat ini bisnis online sudah sangat merajalela dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tentunya dalam bisnis online ini semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga persaingan dalam media sosial.

Internet yang saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Maka tak heran, banyak orang melakukan jualan online bahkan orang yang sudah memiliki pekerjaan sekalipun mempunyai bisnis online sebagai sumber pendapatan tambahan.

Jualan online saat ini merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang untuk mempromosikan dan menjual barang dagangan. Kemudahan aplikasi dan perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu jualan online menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil oleh para pebisnis.

ketika kamu memutuskan untuk membangun bisnis online, pastinya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti berikut ini:

  • Memutuskan Apa Yang Ingin Dijual

Jika ingin memulai bisnis dengan membuat toko online, tentu kamu sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan kamu jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respons yang sama ketika dijual secara online.

Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan masak-masak dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk secara online. Kamu dapat membeli atau memproduksi barang jualan kamu sendiri atau memakai sistem dropship. Selain produk fisik, kamu pun dapat berjualan produk digital seperti tiket online, pulsa dan semacamnya.

  • Ikut Komunitas Penjual

Jangan biarkan diri kamu hanya sekedar berjualan, sesekali meng-upgrade skill penjualan kamu juga penting lho. Hal ini sangat penting, agar kamu tahu trik dan tips cara promosi toko online terkini. Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di komunitas penjual online agar kamu juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan.

  • Membuat Website Pribadi

Memang untuk tahap awal, kamu dapat menggunakan sosial media untuk perkenalan bisnis atau memasang iklan di website orang lain yang memiliki traffic tinggi. Tetapi untuk dapat terus mengembangkan bisnis kamu sendiri, sepatutnya kamu memiliki website pribadi yang mana website tersebut dapat dijadikan “tempat jualan” pribadi kamu. Biaya hosting per bulan biasanya hanya sekitar Rp 20.000 – 30.000 dan harga domain sekitar Rp 100.000 per tahun (atau kurang dari Rp 10.000 per bulan).

  • Survei Pasar

Dan yang paling penting dari semuanya adalah kamu harus melakukan survei terhadap pasar terlebih dahulu. Pastikan bahwa kamu menjual produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari oleh pasar. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa jelas alasan mengapa kamu menjual produk tersebut.

Membuat Foto Daganganmu Menjadi Terlihat Menarik

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menggaet banyak konsumen dalam berjualan online. Satu diantaranya adalah dengan mengupload foto produk di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kualitas tampilan foto produk juga memberikan pengaruh yang besar pada para konsumen atau orang yang melihatnya. Produk yang bagus tanpa ditunjang dengan kualitas foto yang baik tidak akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk tersebut.

Sayangnya, meskipun banyak penjual online yang tahu bahwa foto produk begitu penting dalam menarik pembeli, tidak sedikit dari mereka yang belum paham betul tentang cara mengambil foto produk yang baik dan menarik. Nah buat kamu yang masih bingung bagaimana mengambil foto produk yang menarik, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Kamera

Sangat penting untuk menggunakan kamera bagus. Untungnya, kamera telah menjadi barang yang terjangkau. Kemungkinan mengambil foto yang salah dengan DSLR modern cukup kecil. Pastikan untuk memilih kamera yang dapat menangkap video dan investasikan bentuk lensa yang layak. Lensa 50mm yang dapat digunakan untuk mid-range dan potrait dan ebuah lensa 105mm sangat bagus untuk close-up dan fotografi produk perhiasan.

Namun tak selamanya harus menggunakan kamera mahal untuk hasil foto yang berkualitas. Kamu tetap bisa melakukannya dengan kamera ponsel asalkan teknik pengambilan gambarnya benar dan tidak asal jepret saja. Selain itu, kamu juga bisa dibantu dengan aplikasi editing gambar yang bisa mengolah foto kamu menjadi lebih baik.

  • Background Foto Harus Sesuai

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan background foto. Sebelum memilih warna background sebaiknya pertimbangkan warna produk terlebih dahulu. Bila produk yang kita jual memiliki warna yang cenderung terang, ada baiknya kita memilih background yang bertolak belakang dengan warna produk tersebut alis sedikit gelap. Hindari menggunakan background yang memiliki warna sama dengan produk yang difoto.

  • Pencahayaan

Untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas maka pencahayaan sangat perlu diperhatikan. Pencahayaan yang buruk akan membuat foto produk terkesan kurang menarik, selain itu kemungkinan juga akan membuat warna produk terlihat lebih gelap. Foto yang kurang jelas bisa jadi akan mengurangi minat pembeli produk online.

Jika ingin menggunakan kamera dari ponsel, ambillah gambar di ruangan terbuka dengan pencahayaan yang cukup seperti di halaman. Namun bila kamu tetap ingin melakukannya di dalam ruangan, selain lampu ruangan tambahkan juga pencahayaan tambahan.

  • Studio Mini

Baru mulai jualan online, pastinya cukup berat jika hanya untuk memfoto produk saja harus menyewa sebuah studio foto. Kamu bisa membeli studio foto mini yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Harga studio foto mini ini juga tergolong sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harus berkali-kali ke studio foto untuk mendapatkan foto produk yang bagus dan menarik bagi pembeli.

  • Foto Produk dari Beberapa Sudut Potret atau Angle

Angle yang pas untuk memfoto sebuah objek tentunya berbeda-beda. Agar pelanggan kamu bisa melihat detail produk, fotolah produk dari berbagai macam sudut potret seperti depan, belakang dan samping. Sedangkan bila produk berupa makanan, akan lebih menarik bila diambil dari atas.

Sementara itu, bila produk yang dijual adalah produk kecantikan seperti masker maka ambillah foto produk tersebut dan pada saat masker tersebut digunakan pada wajah. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang lebih menyukai produk yang terlihat jelas dari banyak sisi. Untuk menentukan angle yang tepat, maka kamu harus berlatih sesering mungkin dengan berbagai objek foto.

  • Jangan Gunakan Zoom

Jika kamu memotret dengan kamera handphone, maka kekurangannya adalah objek akan terlihat lebih kecil sehingga kita perlu memperbesarnya menggunakan fitur zoom. Pada saat mengambil foto produk sebaiknya jangan lakukan langkah ini karena akan membuat resolusi gambar menjadi berkurang. Jika ingin objek terlihat lebih besar, dekatkanlah objek dengan lensa ponsel kamu atau gunakan lensa tambahan khusus untuk kamera ponsel agar objek terlihat lebih dekat.

  • Pastikan Semuanya Bersih

Sebuah sidik jari besar pada produk atau debu pada lensa kamu menghasilkan hasil amatir. Belilah beberapa kain microfiber untuk menghapus noda yang ada dengan hati-hati sebelum melakukan pengambilan gambar.

  • Ciptakan Konsep di Foto Produk

Buatlah konsep untuk foto produk kamu. Bila diperlukan kamu juga bisa menggunakan model. Dengan menggunakan gambar tematik seperti itu, calon pembeli akan lebih mudah membayangkan apakah produk yang mereka ingin beli cocok digunakan oleh mereka atau tidak. Tentunya jika cocok, dorongan untuk membeli pun akan semakin besar.

Mengambil foto produk tidak selamanya susah. Untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal memang diperlukan beberapa strategi dan teknik tertentu. Jika kamu tidak memiliki bakat dalam hal fotografi namun ingin mengupload foto untuk kebutuhan jualan online yang bagus agar terlihat menarik, kamu mungkin membutuhkan jasa fotografi produk.

Namun jika kamu berlatih terus-menerus dan mulai terbiasa, kamu tentunya tidak memerlukan jasa fotografi atau fotografer lagi dan tentunya akan menghemat biaya bukan? Bila foto produk yang kamu unggah ke media sosial berkualitas dan bagus, maka hal tersebut tentunya akan mempengaruhi minat pembeli.

Bagi pemula, jangan pernah takut untuk bereksperimen. Jadilah seorang yang kreatif. Hal yang wajar, jika kamu membuat beberapa kesalahan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Nah sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga tips-tips di atas dapat menambah pengetahuan kamu dan semoga bermanfaat tentunya…